Sembako merupakan kebutuhan pokok bagi setiap keluarga, mengingat kebutuhannya yang tinggi, berjualan sembako menjadi peluang yang diminati oleh sebagian besar masyarakat. Warung sembako juga dapat dengan mudah ditemui di pinggir jalan, di kompleks perumahan, sekolahan atau tempat yang lainnya. Banyak orang yang memilih untuk melakukan peluang usaha ini karena perputaran uangnya sangat cepat. Perputaran uang yang sangat cepat tersebut membuat keuntungan menjadi lebih mudah didapatkan. Sulitnya mencari pekerjaan juga membuat banyak orang lebih memutuskan untuk jualan. Usaha jualan sembako juga sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa pun mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Tips Memulai Usaha Jualan Sembako

Jualan sembako terlihat mudah, akan tetapi menjalankannya tidak semudah yang dibayangkan. Peluang usaha ini mempunyai persaingan yang sangat ketat. Tidak sedikit warung sembako yang sepi yang kemudian menyebabkan tutupnya warung dan gulung tikar. Dalam menjalankan usaha warung sembako diperlukan niat yang kuat, pantang menyerah, kerja keras dan terus belajar. Dalam berbisnis Anda harus mampu mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Istilah Sembako muncul pada tahun 1998, sembako sendiri merupakan kepanjangan dari sembilan bahan pokok. Jenis sembako yang paling laris dan dibutuhkan masyarakat Indonesia yaitu sebagai berikut;

  1. Makanan pokok seperti beras, jagung dan sagu.
  2. gula pasir
  3. minyak goreng atau margarine
  4. gas atau minyak tanah
  5. garam ber-Iodium
  6. daging ayam, sapi dan ikan
  7. telur
  8. buah-buahan dan sayur mayur
  9. susu

Agar dagangan sembako Anda laris manis maka Anda dapat membuka warung secara grosir, oleh karena itu Anda membutuhkan permodalan yang cukup. Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya tidak membuka bisnis sembako secara grosir, karena risikonya yang cukup besar. Bagi Anda yang baru merintis usaha sembako, Anda dapat memulainya dengan berjualan secara eceran. Sementara itu agar dagangan laris, maka Anda memerlukanĀ  perencanaan yang matang, mempunyai lokasi usaha yang strategis, memastikan permodalan yang cukup menentukan harga jual barang, menetapkan barang-barang apa saja yang akan dijual dan melakukan promosi. Sekian, Anda dapat menemukan informasi lainnya dengan mengunjungi pahlevi.net.

Related posts: