Minyak zaitun merupakan minyak yang esensial dan sangat baik bagi tubuh. Minyak zaitun juga memiliki berbagai jenis  tergantung dari proses pembuatannya. Untuk diberikan kepada bayi maka jenis minyak zaitun yang paling tepat adalah evoo, karena extra virgin olive oil ini mengandung asam oleic yang rendah. Dalam memberikan olive oil atau minyak zaitun untuk bayi tidak boleh sembarangan. Karena pemberian olive oil yang tidak sesuai untuk bayi, dapat menyebabkan infeksi paru-paru atau istilah ilmiahnya adalah lipoid pneumonia. Hal tersebut terjadi biasanya karena nutrisi yang diberikan pada bayi kurang lengkap, yaitu kurang mengonsumsi variasi fatty acid atau asam lemak.

Pilih Evoo Saja untuk Bayi

Olive oil yang paling baik untuk bayi adalah extra virgi olive oil atau evoo. Sedangkan jenis olive oil yang lain seperti OO dan VOO mempunyai oleic acid yang lebih tinggi sehingga kurang baik bagi bayi. Kualitas extra virgin olive oil yang dalam pembentukan nutrisinya mirip dengan ASI. Sedangkan OO dan VOO yang diberikan kepada bayi sama saja seperti Anda memberikan bayi Anda dengan minyak goreng. Tentu hal ini sangat tidak cocok untuk bayi. Extra virgin olive oil mempunyai warna hijau gelap, berbeda dengan OO dan VOO yang mempunyai warna yang terang. Extra virgin olive oil juga memiliki bau alami buah olive. Olive oil yang satu ini juga sering digunakan para koki untuk dressing dan marinating.

Extra virgin olive oil mempunyai tingkat keasaman dibawah 1%. Hal tersebut juga menjadikan olive oil tersebut mempunyai kualitas yang paling baik dari pada olive oil yang lainnya. Kemudian pemrosesan olive oil ini tidak menggunakan bahan kimia serta panas, yang membuatnya aman untuk dikonsumsi langsung. Kualitas yang dimiliki oleh extra virgin olive oil ini juga menjadikannya populer di kalangan ibu-ibu. Olive ini memang mempunyai sejumlah manfaat yang baik bagi bayi, namun dalam memilihnya tidak boleh sembarangan apalagi untuk bayi. Anda hanya boleh memberikan extra virgin olive oil untuk bayi. Demikian informasi mengenai manfaat extra virgin olive oil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Anda dapat memperoleh informasi lainnya seputar makanan pendamping asi, dokter kandungan dan lainnya di www.mpasi.org

Related posts: