Yoga adalah salah satu jenis olahraga di mana di dalamnya terdapat kombinasi antara gerakan tubuh dengan konsentrasi, ketenangan dan kondisi tubuh rileks. Yoga sendiri sudah menjadi pilihan banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Manfaat yoga tak terbatas hanya membuat tubuh menjadi lentur dan bugar, namun masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Yoga

Berikut adalah manfaat yang didapatkan jika Anda melakukan yoga secara rutin.

  • Mengurangi berat badan

Meski bukan jenis olahraga dinamis, yoga tetap bisa membantu Anda untuk mengendalikan berat badan melalui pose atau gerakan yang mengencangkan serta membangun ketahanan dari otot. Dengan berlatih yoga, dorongan untuk makan juga akan berkurang sehingga pola makan akan lebih teratur dan gaya hidup semakin baik.

Hal yang membedakan yoga dengan olahraga lainnya dalam usaha mengurangi berat badan yang efektif adalah pada latihan pernafasannya yang diterapkan berbarengan dengan latihan fisik. Bernafas dengan cara tepat, kinerja organ tubuh menjadi lebih baik dan keberlangsungan program diet juga baik.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Yoga dipercaya mampu memicu perubahan pada tingkat sel yang mengakibatkan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Saat melakukan yoga, posenya menargetkan beberapa titik secara bersamaan yang nantinya akan memaksimalkan fungsi organ serta menguatkan otot.

Di waktu yang bersamaan, teknik pernafasan serta meditasi dalam yoga membantu melepaskan racun sehingga meringankan beban baik fisik maupun mental

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat dipicu karena penyumbatan arteri koroner serta hipertensi yang awalnya disebabkan karena penyempitan pembuluh darah. Pose dan gerakan dalam yoga dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengendurkan pembuluh darah sehingga risiko hipertensi akan berkurang dan aliran darah menuju otot jantung akan meningkat.

  • Meringankan sakit leher dan pinggang

Untuk meredakan sakit pinggang, bahu dan leher, yang harus Anda perbaiki adalah postur tubuh, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan melakukan yoga. Latihan yoga akan melatih kontraksi serta relaksasi otot dan saraf selama Anda membuang dan menarik nafas. Dengan kegiatan tersebut, otot yang tegang serta saraf yang kejang akan berkurang, posisi tulang belakang kembali tepat serta postur tubuh kembali seperti sebagaimana mestinya.

Related posts: