Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa kesalahan warga dalam penggunaan AC yang dapat memperpendek umur AC dan menambah biaya pengeluaran Anda. Manusia memang tempatnya lupa dan salah. Namun peluang tersebut dapat diminimalisir jika Anda memilih AC yang murah dan kualitas baik. Kenapa demikian?

Karena AC dengan kualitas baik dapat menghasilkan udara sejuk yang bertahan lama dan maksimal diiringi dengan daya listrik minimal. Anda dapat melihat di laman Gree.id untuk menjadi referensi pemilihan AC yang murah dan memiliki kualitas baik. Namun bagi Anda yang telah lama memiliki AC dapat meminimalisir kesalahan tersebut. Memangnya apa saja kesalahan yang umum dilakukan oleh masyarakat sehingga dapat memperpendek umur AC? Mari simak ulasan di bawah ini.

Kekhilafan Yang Berdampak Pada Umur AC

Beberapa kesalahan di bawah ini merupakan yang umum dilakukan oleh masyarakat. Padahal terlihat sepele namun ternyata dapat memperpendek umur AC Anda. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

  • Mengatur suhu ruangan hingga di bawah 22 derajat Celsius menggunakan remote AC

Beberapa warga ketika baru dari luar ruangan tentunya menginginkan langsung merasakan udara sejuk agar dapat menghilangkan kegerahan. Hal itu boleh saja dilakukan, namun tidak sampai mengatur suhu pada remote hingga 16 derajat Celsius. Mengapa demikian? Karena Anda tinggal di Negara Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga kemampuan AC untuk menyamakan suhu ruangan dengan suhu remote yang menunjukkan suhu 16 derajat Celsius menjadi cukup sulit. Perlu pengorbanan dari kompresor dan tentunya berpengaruh pada daya listrik yang digunakan. Kompresor akan berusaha melakukan penyesuaian suhu ruangan agar sesuai dengan suhu yang tertera pada remote dan bekerja keras padahal itu adalah sesuatu yang sulit dan bahkan mustahil dilakukan pada negara beriklim tropis. Penyiksaan pada AC berlanjut jika Anda memaksakan kehendak dengan melakukan pengaturan agar fan pada AC bekerja dengan putaran maksimal.

  • Pemberian waktu istirahat pada AC

AC pun layaknya manusia memerlukan waktu istirahat. Misalnya ketika Anda pergi sebentar ke toilet tidak perlu mematikan AC karena hal itu justru dapat memperberat kerja kompresor. Ketika Anda hendak kembali lagi ke ruangan tersebut selepas dari toilet, maka alangkah baiknya AC tetap dinyalakan agar tetap dapat menyesuaikan suhu ruangan dan suhu yang tertera pada remote secara lebih stabil.

Related posts: