Memanfaatkan teknologi internet yang semakin canggih, bisnis online shop kini sangat menjamur di Indonesia. Ada banyak sekali peluang bisnis online yang berlomba-lomba memasarkan berbagai macam produk mereka kepada konsumen. Menjalankan bisnis secara online sangat efektif karena wilayah pasar yang tak terbatas. Bagi mereka yang tak mempunyai produk namun ingin melakukan bisnis online, dapat mencoba menjadi seorang reseller. Tugas reseller hanya mempromosikan produk yang telah dipilihnya kepada konsumen. Hal ini tentunya dapat dilakukan oleh siapa saja karena termasuk pekerjaan yang tak terlalu sulit. Namun demikian, menjadi seorang reseller juga memiliki beberapa kendala yang sering kali harus dihadapi.

Kendala Menjadi Seorang Reseller

Setiap melakukan bisnis, berbagai macam kendala pastinya akan muncul, tak terkecuali menjadi seorang reseller. Beberapa hal yang menjadi kendala ketika menjadi seorang reseller.

  1. Produsen

Memang, ada banyak sekali produsen yang menjual produk-produk mereka melalui situs online. Namun, tak semuanya mau bekerja sama dengan reseller. Hanya mencari produsen melalui internet, tanpa bertemu dan melakukan perjanjian secara langsung rasanya kurang tepat. Akan terjadi masalah jika hanya dilakukan secara online. Ada baiknya jika ketika reseller mencari produsen, carilah secara langsung dan lakukanlah survey.

  1. Proses pengiriman barang

Menjadi seorang reseller memang hanya bertugas mempromosikan dan melakukan transaksi dengan konsumen. Setelahnya, reseller akan menyerahkan pengiriman barang kepada produsen. Namun, untuk memastikan kepuasan konsumen, proses pengiriman barang juga perlu diperhatikan. Wilayah Indonesia yang sangat luas dengan jalur yang bermacam-macam, jika konsumen tinggal di tempat yang susah diakses, tentunya proses pengiriman juga membutuhkan waktu lebih.

  1. Kepercayaan

Banyaknya kasus penipuan yang sering kali terjadi pada transaksi online shop membuat konsumen akan lebih berhati-hati dan skeptis ketika akan melakukan transaksi online. Dari sini, peran Anda sebagai reseller akan diuji kejujurannya. Jika Anda mampu membuat konsumen percaya dengan Anda, maka konsumen akan puas. Namun jika sebaliknya, konsumen akan lari dan tak akan mau membeli produk yang Anda tawarkan lagi, karena kepercayaan mereka telah Anda rusak.

Related posts: