Sebagai salah satu Negara berkembang yang sedang meningkatkan sektor industri negaranya, Indonesia mulai mampu menunjukkan industri konveksi baju yang juga semakin berkembang saat ini. industri tekstil mulai banyak tumbuh di beberapa kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah kota Bandung. Bahkan Bandung dijadikan sebagai kota mode karena banyaknya produksi pakaian jadi dan industri tekstil yang menyediakan jasa pembuatan pakaian sesuai desain yang konsumen minta. Dalam proses pembuatannya, ada banyak sekali teknik yang digunakan. Salah satu teknik tersebut adalah Hotpress. Teknik sablon hotpress merupakan teknik sablon pakaian dengan memanfaatkan mesin transfer digital yang akan memindahkan gambar dan tinta, yang kemudian akan ditempelkan pada jenis kain yang telah ditentukan sebelumnya. Setiap teknik konveksi baju pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Sablon Digital

Teknik apapun yang akan digunakan untuk menyablon pasti memiliki kekurangan, tinggal bagaimana kita menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari teknik sablon digital.

  1. Kelebihan
  2. Karena menggunakan bantuan mesin digital untuk mencetak gambar dan tinta ke permukaan kain, proses yang dilakukan terbilang sangat cepat dan efisien. Hal tersebut tentunya akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Proses percetakan desain pada kain juga dapat dilakukan serempak, sekaligus banyak, sehingga sangat menghemat waktu.
  3. Percetakan gambar atau desain dengan menggunakan mesin akan memperlihatkan detail gambar yang akan ditempel pada kain. Hasil sablon pasti akan terlihat sangat bagus karena sangat memperhatikan detail gambar pada kaos. Selain itu, pemilihan warna juga lebih variatif.
  4. Kekurangan
  5. Jika kualitas tinta yang digunakan kurang bagus, maka hasil sablon kaos akan cepat mengilang dan kurang awet. Namun, jika tinta yang digunakan merupakan tinta bagus, hasil sablon dapat bertahan lebih lama.
  6. Harga untuk kaos teknik sablon digital cenderung lebih mahal karena mahalnya harga kertas transfer yang digunakan dan biaya perawatan mesin digital yang tak sedikit. Konveksi baju memang seringkali menggunakan teknik ini karena cepat dan efisien walaupun harga produk sedikit lebih mahal.

Related posts: