Diare adalah salah satu penyakit yang sering menghampiri semua kalangan. Diare yang datang secara tiba-tiba memang sangat mengganggu aktivitas. Gejala yang sering timbul ketika diare adalah sakit perut, lemas dan buang air besar berkali-kali. Bayangkan saja, ketika Anda bekerja tiba-tiba terkena diare, Anda harus bolak-balik kamar mandi. Penyebab dari diare pada umumnya adalah karena mengonsumsi makanan yang pedas. Namun, ada juga diare yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab diare secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak hygienis atau tangan yang kotor. Oleh karena itu, kita sering diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dengan tujuan membunuh bakteri yang ada di tangan.

Makanan Yang Harus Dihindari

Ketika Anda terkena diare, Anda bisa buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari. Selain itu, tubuh Anda akan cenderung lemas karena tubuh kekurangan cairan. Diare yang dibiarkan dapat menjadi lebih parah dan dapat berakibat pada dehidrasi berat. Bahkan diare pada balita dapat menyebabkan kematian. Obat diare sebetulnya mudah Anda peroleh di apotek. Namun selain mengonsumsi obat, Anda juga harus memperhatikan asupan makan ketika diare. Karena asupan makan yang salah justru membuat diare Anda semakin parah. Beberapa makanan yang harus dihindari ketika diare adalah sebagai berikut:

  1. Produk susu

Susu mengandung laktosa yang dapat menyebabkan diare. Oleh karena itu, minum susu dapat memicu diare semakin parah.

  1. Makanan yang berserat tinggi

Makanan berserat memang sangat bagus untuk pencernaan. Namun ketika diare, sebaiknya hentikan dulu makanan yang berserat tinggi karena sulit di cerna lambung dan usus.

  1. Makanan berminyak dan berlemak

Makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut. Hal ini menyebabkan diare semakin parah. Makanan ini juga akan memperlambat pengosongan lambung dan menimbulkan rasa kembung.

  1. Alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein justru dapat menyebabkan mencret. Oleh karena itu, hentikan minum kopi di pagi atau malam hari karena akan memperburuk diare.

Related posts: